DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL   BOGOR-CIAWI-SUKABUMI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA CIMANDE HILIR KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT TAHUN 2022

HARIS, SE, M AK (NIDN: 0328076402)

ANGGOTA :  IR. IRWAN CHAIRUDDIN MM (NIDN: 0314066601)

RAHMAT HIDAYAT, SH, MH (NIDN: 0313027112)

ABSTRAK

Pembangunan infrastruktur jalan bebas  hambatan atau jalan tol dalam sebuah negara juga bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana kemajuan perekonomian sebuah  negara,  baik  secara  makro  maupun  secara  mikro.  Selain  itu, pembangunan jalan tol bisa juga dijadikan sebagai bukti dan kesiapan sebuah negara dalam menyongsong sebuah peradaban yang serba mudah dan serba cepat dalam setiap melakukan aktivitas. Jalan tol ini akan memperkuat kondisi perekonomian Sukabumi dimana sebelumnya masyarakat seringkali dihadapkan pada masalah kemacetan lalu lintas di jalur Sukabumi-Bogor. Keberadaan jalan tol ini juga akan membantu mengatasi kemacetan lalu lintas. Sehingga waktu tempuh dari Sukabumi ke Bogor maupun ke Jakarta dapat lebih cepat dan tidak terkendala dengan kemacetan. Kondisi ini akan dimanfaatkan secara optimal oleh warga Sukabumi dalam pengembangan berbagai potensi usaha seperti wisata kuliner dan lain sebagainya. Sukabumi bukan hanya sebagai tempat singgah melainkan juga sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi para wisatawan. Bila hal ini terwujud maka roda pergerakan ekonomi masyarakat akan semakin maju dan berkembang. Kondisi tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dampak pembangunan Bogor – Ciawi- Sukabumi  terhadap kehidupan sosial masyarakat di Di Desa  Cimande Hilir Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, dan mengetahui bagaimana  dampak pembangunan Bogor- Ciawi – Sukabumi  terhadap kehidupan ekonomi masyarakat di Desa Cimande Hilir Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.

Kata Kunci: Jalan tol, kehidupan  sosial, dan ekonomi


PERAN MEDIASI KESADARAN DIRI UNTUK MEMPREDIKSI

PERILAKU KEPATUHAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR

 (SURVEY PASCA NEW NORMAL COVID-19)

 

The Mediation Role of Self-Awareness to Predict the Compliance Behavior of Motorcycle Drivers: A Post-New Normal Survey Covid-19

Olfebria1, Rohana Sitanggangb2

abInstitut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta, Indonesia

1olfebri@yahoo.co.id, 2rohanadems@gmail.com

Abstract

The World Health Organization (WHO) estimates that road traffic accidents are the third leading cause of ‘death and disease’ worldwide. Therefore, many countries have launched safety programs to reduce traffic accidents by increasing public self-awareness. This study examines the mediating role of self-awareness in the relationship between safety attitudes and subjective norms on driving compliance behavior in the post-new normal covid-19. A total of 154 online motorcycle ojek drivers in the DKI Jakarta area. Data were collected through questionnaires and analyzed using AMOS software to reveal the mediating effect of self-awareness. The results of the study, found the mediating role of self-awareness in the relationship of subjective norms with driving compliance behavior of online motorcycle ojeki drivers. In the relationship between safety attitudes and driving compliance behavior, there is no mediating role of self-awareness. Intensive socialization of traffic regulations related to covid-19 is needed to motorized vehicle drivers, especially online motorcycle ojek drivers.

Keywords: Safety attitudes, subjective norms, self-awareness and driving compliance behavior.


KEAMANAN DAN KESELAMATAN TRANSPORTASI UDARA DALAM MENANGANI KARGO DENGAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN PADA PERUSAHAAN PENERBANGAN

Abi Prasidi

Abstrak

Perusahaan penerbangan dengan armada pesawatnya untuk pelayanan kargonya dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan juga ditambah lagi pelayanan penanganan perawatan kemasan kargo di pesawat dan penanganan kargo tersebut melalui prosedur disiplin protokol kesehatan dari mulai kargo itu mau berangkat sampai ketempat tujuan. Dalam hal ini kargo dengan dibutuhkannya keamanan dari kondisi kargo itu dalam kondisi baik sampai ketempat tujuan, belum sampai disini pelayanan kargo disini saat sekarang dimana adanya pandemi covid 19 yang mewabah bukan hanyak pada manusia saat tertular melainkan covid 19 tersebut yang menempel pada kargo, dan sangat ditunjang keselamatan seluruh umat manusia pada protokol kesehatan khusus kargo, dimana antaran kargo bisa door to door, bisa port to door dan door to port, sangat jelas perpindahannya, belum lagi adanya pesawat transit serta ganti pesawat. Walaupun bisa dikatakan penanganan kargo tersebut dengan di dukung untuk dokumen-dokumennya yang bisa juga secara online, namunhaliniterbukti masih banyaknya para petugas kargo yang teridentifikasi covid 19 akibat penanganan kargo yang mana disaat penanganan tersebut dilanjutkan secara manual oleh para petugas kargo yang tidak melalui atau mengabaikan terhadap proses atau prosedur disiplin protokol kesehatan.  Dengan menjadi tulang punggung transportasi udara yang dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan di berbagai negara berkembang yang handal. Pesawat telah menjadi pilihan tranportasi utama bagi masyarakat yang menggantungkan atas kecepatan bertransportasi khususnya pada kargo-kargo yang memang sangat penting untuk sampai secara cepat dan tepat waktu ke tujuan. Pesawat juga mampu menghemat biaya perjalanan dengan daya tempuh yang cepat dan sebanding dengan harga jual khusus pelayanan penanganan kargo. Maka biaya pemeliharaannyayang memang cukup tinggi, ditambah saat ini dengan adanya wabah pandemi covid 19 yang mendunia, dimana banyaknya kota-kota di Indonesia dan kota-kota dengan tujuan atau rute internasional yang me-lockdown hampir semua kota-kotanya di setiap negara didunia. Hal ini dapat dirasakan oleh masyarakat luas baik institusi-institusi Pemerintah, BUMN dan Swasta serta dunia bisnis maupun pendidikan yang harus menerapkan dan memberikan kebijakan serta inovatif dalam mengambil keputusan kebijakannya karena seluruh lapisan masyarakat dunia sedang berhemat. Karena pemerintah pun melalui regulasi yang telah disadur dari regulasi internasional untuk tetap menargetkan“ Zero Accident “, dimana perawatan dan pelayanan kepada pesawat tetap harus diterapkan. Maka dengan judul penelitian ini adalah  “Keamanan dan Keselamatan Transportasi Udara Dalam Menangani kargo Dengan Disiplin Protokol Kesehatan Pada Perusahaan Penerbangan. Dengan menggunakan metode kualitatif.

Kata Kunci : Keselamata dan Keamanan , Disiplin Protokol Kesehatan,  Penanganan Kargo


DETERMINAN STRUKTUR MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN INDUSTRI TRANSPORTASI DI INDONESIA

Arief Hernawan

ABSTRAK

Struktur modal adalah tingkat utang yang dimiliki oleh perusahaan. Nilai perusahaan adalah nilai yang disepakati apabila dijual kepada investor. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan aset terhadap struktur modal dan nilai perusahaan pada perusahaan industri sector transportasi di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sektor industri barang konsumsi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, beberapa data perlu di outlier sehingga didapatkan total jumlah 7 perusahaan pada sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan dan pertumbuhan asset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan aset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan variabel struktur berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal.

Kata Kunci : Struktur Modal; Nilai Perusahaan; Sektor Transportasi

Muhammad Iqbal Firdaus a,1*, Riza Lestari b,2,, Sarovah Widiawati c.3

a b c Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jl. IPN No. 2 Cipinang Besar Selatan, Jakarta, Indonesia

1* iqbal@itltrisakti.ac.id, 2 rizalestari@gmail.com, 3 2 sarovahwidiawati @gmail.com

 

*corresponding e-mail: iqbal@itltrisakti.ac.id

Consumer Decision Model for Adopting Self-Collection Parcel Locker for Last Mile Delivery

 

MODEL KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNAAN SELF-COLLECTION PARCEL LOCKER UNTUK LAST MILE DELIVERY

 

ABSTRACT

 

Last mile delivery is the most inefficient part of the total consumer goods delivery process due to the high rate of return, segmented goods and relatively small quantity. One of the innovations made by e-retailers and logistics service providers is to install self-collection parcel lockers in easily accessible places where the process of picking up goods is carried out independently by consumers in these places. There are not many studies conducted to identify what factors can encourage consumers to use these services, focusing more on cognitive attitudes, segmented and the results are still inconclusive. This study aims to investigate that utilitarian, hedonic, situational and social factors influence consumer decisions to use parcel locker self-collection services. This survey quantitative study used non-probability sampling technique and succeeded in obtaining 264 samples. The analysis tool uses Structural Equation Modeling with a covariance-based approach with AMOS. The results show that the customization by consumers according to their preferences is a factor that influences consumers’ intention to use self-collection parcel locker services along with utilitarian motives.

Keywords     : last mile delivery, self-collection parcel locker, self-service technology, logistics, e-commerce

ABSTRAK

Last mile delivery merupakan bagian paling infisien dari proses pengiriman consumer goods secara total dikarenakan tingginya tingkat pengembalian, barang yang segmented dan kuantitas yang relative kecil.  Salah satu inovasi yang dilakukan oleh e-retailer dan logistics service provider adalah dengan memasang self-collection parcel locker di tempat-tempat yang mudah diakses dimana proses pengambilan barang dilakukan secara mandiri oleh konsumen di tempat-tempat tersebut. Studi yang dilakukan untuk mengidentifikasi factor apa yang dapat mendorong konsumen mau menggunakan layanan tersebut belum banyak dan lebih focus pada sikap kognitif, tersegmentasi dan hasilnya masih inkonklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bahwa motif utilitarian, hedonis, situasional dan faktor sosial mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan layanan self-collection parcel locker. Studi kuantitif survey ini menggunakan teknik nonprobability sampling dan berhasil mendapatkan 264 responden. Alat analisis menggunakan Structural Equation Modelling dengan pendekatan covariance-based dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kustomisasi yang dapat dilakukan oleh konsumen menyesuaikan dengan preferensi mereka merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keinginan konsumen menggunakan layanan self-collection parcel locker bersama dengan motif utilitarian

Kata kunci   : last mile delivery, self-collection parcel locker, self-service technology, logistics, e-commerce


PENGARUH SERTIFIKASI KOMPETENSI DAN PENGHARGAAN DRIVER TERHADAP REDUKSI KECELAKAAN LALU LINTAS DI JABOTABEK TAHUN 2018-2021

(Studi Kasus di PT.Dunex Express Transindo,Jakarta) Johanes Kurniawan1) Johar Samosir2)Sonya Sidjabat3) Nasirur Rahman Achmad 4) , Mizan Nurhakim 5) Dosen Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti,Jakarta(1,2,3) Mahasiswa Sarjana S1 Program Manajemen Logistik (4,5) Author email : 3j.kurniawan@gmail.com

Abstraksi :

Faktor Sumber daya manusia adalah pembahasan utama yang paling wajib diperhatikan sebagai modal Aset perusahaan dan harus di manage dengan baik oleh sebuah perusahaan. Faktor Sumber daya manusia dalam pelaksanaan kerjanya banyaj didapatkan tidak sesuai dengan arah tujuan dan visi perusahaan. Harus disadari, sumber daya manajemen yang berkelanjutan merupakan faktor penting bagi keberhasilan sebuah perusahaan. Sehingga, banyak usaha yang dilakukan untuk meningkatkan loyalitas dan hasil kinerja karyawan melalui pemberian penghargaan kepada karyawan dan penilaian kompetensi guna menghasilkan karyawan yang profesional dan berintegritas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Penghargaan dan Sertifikasi Kompetensi terhadap Reduksi Kecelakaan lalu lintas di jalan raya di PT.Dunex Express Transindo,di Jakarta. Dimana Populasi yang di jadikan penelitian pada awalnya adalah 60 karyawan driver yang telah menjalani Sertifikasi Kompetensi tahun 2021dengan program Pelaksana Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Badan Nasional Sertifkais Profesi (BNSP). Populasi sampel dipilih dengan menggunakan sampel jenuh, yang dikumpulkan hanya sebanyak 59 data karyawan. Kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, dan metode analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan Penghargaan dan Sertifikasi Kompetensi secara individual berpengaruh signifikan dan positif terhadap Reduksi kecelakaan lalulintas di jalan raya karyawan di PT.Dunex Express Transindo,di Jakarta..

Kata Kunci : Penghargaan, Kompetensi, dan Reduksi kecelakaan lalulintas di jalan raya


STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG PT.GARUDA INDONESIA RUTE JAKARTA – JEDDAH TAHUN 2020-2021

Johar Samosir

SINOPSIS PENELITIAN

PT. Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan plat merah Indonesia, yang mempunyai citra baik dimata domestic maupun Internasional dengan kualitas pelayanan five stars Airline oleh karena itu perusahaan harus selalu memperhatikan performance rute–rute yang mereka miliki. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana cara PT. Garuda Indonesia meningkatkan jumlah penumpangnya untuk rute Jakarta – Jeddah tahun 2020 – 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor internal dan faktor eksternal perusahaan untuk selanjutnya menganalisis formulasi strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan jumlah penumpang rute Jakarta – Jeddah tahun 2020 – 2021. Penulis penggunakan data yang didapat dari hasil penelitian lapangan, wawancara, observasi, dan kuesioner. Berdasarkan hasil Matriks IE posisi perusahaan berada pada sel I yang artinya posisinya tumbuh dan berkembang, dengan total skor internal sebesar 3,1 dan faktor eksternal 3,25 sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah strategi penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Pada analisis SWOT menggunakan tabel IFE dan EFE didapatkan selisih hasil kedua faktor internal tersebut sebesar 1,22. Lalu, didapatkan juga sehingga hasil selisih dari kedua faktor eksternal tersebut sebesar 0,41. Sedangkan berdasarkan Matriks BCG posisi perusahaan berada pada Star (bintang) dengan pertumbuhan penjualan dari tahun 2018 – 2019 sebesar 14%. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan diagram SWOT posisi perusahaan berada pada kuadran I yang artinya perusahaan mempunyai kekuatan dan peluang yang besar sehingga pada matriks SWOT strategi yang dapat digunakan adalah strategi SO.

Kata kunci  : Strategi, Analisis SWOT


KONEKTIVITAS PELAYARAN PERINTIS SEBAGAI BAGIAN SISTEM DISTRIBUSI LOGISTIK DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN TOL LAUT

Mustika Sari

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk membahas keberhasilan penyelangaraan Tol Laut, TolLaut adalah konsep untuk memperbaiki proses pengangkutan logistic di Indonesia, sehingga diharapkan proses distribusi barang (terutama bahan pangan) di Indonesia menjadi semakin mudah kemudian berdampak pada harga bahan pokok yang semakin merata di seluruh wilayah Indonesia. Metode penelitian dengan metode kuantitatif yang lebih menekankan pada data yang di olah hasil menggunakan SPSS dan SmartPLS sebaran kuisioner kepada pihak yang terlibat penyelenggaraan Tol Laut antara lain perusahaan pelayaran, perusahaan bongkar muat, perusahaan freight forwarding, perusahaan armada angkutan dan pemasok barang. Gagasan tol laut tidak hanya sekedar membicarakan masalah pelayanan angkutan laut untuk satu trayek tertentu dariwilayah barat ke wilayah tengah dan timur dengan menggunakan kapal denganukuran relatif besar namun juga harus memikirkan rantai pasok serta distribusi dari barang muatan yang akan diangkut melalui angkutan laut tadi dan tentu saja harus juga memperhatikan kondisi dan kapasitas pelabuhan yang akan disinggahi beserta fasilitas serta akses jalannya dan dapat dikatakan bahwa manfaat yang utama nya adalah dengan berjalannya program laut laut, yakni sanggup membuat harga kebutuhan bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia sama rata.

Kata Kunci : Konektivitas; Pelayaran Perintis; Distribusi Logistik; Disparstitas harga


SERVICE QUALITY DAN CUSTOMER SATISFACTION MENINGKATKAN LOYALITAS PENUMPANG KAPAL RO-RO FERRY MERAK-BAKAUHENI

Oleh: Reza Fauzi Jaya Sakti Prima Widiyanto Primadi Chandra

KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan hasil penelitian yang tim peneliti lakukan di atas kapal roro ferry rutemerak bakauheni maka dapat diuraikan kesimpulan dan saran.

5.1. Kesimpulan

Dari uraian pada bab-bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwadiakibatkan oleh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan penggunajasa bisa loyal kepada perusahaan pemberi jasa, bilamana perusahaanpemberi jasa cermat melihat hal tersebut pastinya akan melakukan perbaikan terus-menerus untuk memperkecil resiko ditinggalkan pengguna jasa atau pelanggan.

Salah satu pengguna jasanya dari perusahaan pelayaran ferry adalah penumpang dan angkutan bus, truck antar provinsi, dengan semakin meningkatnya aktifitas kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secaratidak langsung akan meningkatkan loyalitas pengguna jasa dalam hal ini penumpang. Selain itu, hal tersebut nantinya juga akan berhubungan dengan meningkatnya keuntungan perusahaan dan semakin berkembangnya perusahaan pemberi jasa. Hal ini disebabkan oleh semakin percayanya pengguna jasa kapal roro ferry yang di fasilitasi oleh pihak ASDP yang menciptakan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dan loyalitas yang tercipta, sehingga menguntungkan juga untuk pengguna jasa dalam bentuk rasa nyaman dan aman dalam perjalanan pelayaran merak bakauheni. Kesimpulan yang diperoleh dari analisa dan pembahasan dari bab sebelumnya mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggandengan loyalitas penumpang yang menggunakan jasa kapal roro ferry, maka kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:

  1. Kualitas Pelayanan mempunyai hubungan yang positif dan kuat dengan loyalitas penumpang, kualitas pelayanan secara signifikan dapatdigunakan untuk meningkatkan loyalitas. Hal ini terbukti bahwa 72 berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kualitas pelayanan (X2) dengan loyalitas penumpang (Y). Koefisien determinasinya (R2) hal ini berarti varian yang terjadi pada variabel kualitas pelayanan ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lainnya yang tidak dianalisis dalam model ini.
  2. Kepuasan pelanggan mempunyai hubungan yang positif dan kuat dengan loyalitas penumpang, kepuasan pelanggan secara signifikan dapat digunakan untuk meningingkatkan loyalitas penumpang. Hal ini terbukti bahwa berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai koefisien korelasi (r) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kepuasan pelanggan (X2) dengan loyalitas penumpang (Y). Koefisien determinasinya (R2) hal ini berarti varian yang terjadi pada variabel kepuasan pelanggan ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lainnya yang tidak dianalisis dalam model ini.
  3. Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dengan loyalitas penumpang. Nilai r untuk X1, X2 adalah 1 yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara bersama-sama dengan loyalitas penumpang (Y). dan nilai koefisien determinasinya (R2). Maksud dari nilai ini adalah bahwa varianloyalitas penumpang dapat dijelaskan oleh varian lain dari kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lainnya yang tidak dianalisis dalam model ini.

PEDOMAN PENGUKURAN KEBERHASILAN RENCANA AKSI KESELAMATAN LALU LINTAS

Prasadja Ricardianto1a, Noor Syamsu Hidayatb,  Payaman Manikc

a.b.c Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta, Indonesia

1*ricardianto@gmail.com,

*corresponding e-mail

This is an open access article under the terms of the CC-BY-NC license

ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini untuk menyusun pedoman pengukuran keberhasilan rencana aksi (action plan) keselamatan khususnya Lalu Lintas dan angkutan jalan. Keselamatan Lalu Lintas dan angkutan jalan selalu menjadi kajian yang menarik dari segi ekonomi dan kemanusiaan. Beberapa permasalahan yang terkait dengan keselamatan khususnya Lalu Lintas yaitu banyaknya korban jiwa, yang melibatkan pejalan kaki, pengguna sepeda motor, bus dan truk. Kepolisian Negara Republik Indonesia menginformasikan bahwa selama 2019, jumlah kecelakaan Lalu Lintas (lakalantas) yang terjadi pada 2019 meningkat dibandingkan 2018. Jumlah lakalantas meningkat tiga persen, tetapi jumlah korban meninggal dunia menurun enam persen dibandingkan tahun 2018. Pengaturan manajemen Lalu Lintas diperlukan untuk memperbaiki kondisi Lalu Lintas yang ada saat ini, sehingga diperlukan pedoman pengukuran keberhasilan rencana aksi keselamatan Lalu Lintas. Metode penelitian dengan deskripsi kualitatif yang lebih menekankan pada data sekunder yang sudah ada secara langsung dari instansi terkait. Hasil temuan dapat dilakukan perumusan aksi keselamatan jalan dan angkutan hasil pendataan yang bersumber dari Kementerian Perhubungan, Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI. Disimpulkan bahwa beberapa program kegiatan setiap tahun antar instansi diharapkan tetap dilanjutkan seperti kegiatan Lomba Abdi Yasa Teladan.

Kata Kunci :    lima pilar keselamatan; keselamatan Lalu Lintas;  manajemen Lalu Lintas;    pedoman pengukuran keberhasilan; perumusan aksi keselamatan